SERVICE PANEL KONTROL GENSET / PKG

Pengoperasian genset diatur dari panel kontrol GENSET /PKG  biasanya  didesain terpisah dari unit genset sedang kan panel kontrol genset yang menyatu dengan unit genset biasa disebut panel ac/dc genset yang fungsinya sam dengan panel kontrol genset yang terpisah dari unitnya.untuk kenyamanan dan estetika desain kontrol genset terpisah dari genset untuk kemudahan dan kenyamamnan operasional genset untuk keselamatan dan kemudahan pengoperasian.
melayani service panel kontrol genset

Dengan beban total, deain generator, desain mesin disel, code dan standar, kondisi lapangan dan cara pengoperasian maka diharapkan dapat tersusun spesifikasi genset Ketika terjadi pemadaman catu daya utama dari Pembangkit Listrik Negara (PLN) maka dibutuhkan pasokan daya cadangan listrik. Pada kondisi tersebut generator set atau dapat disebut genset diharapkan dapat mamasok tenaga listrik terutama untuk bebanbeban prioritas. Genset sering digunakan oleh industri yang membutuhkan sumber daya yang mantap dan handal dengan tingkat kehandalan pasokan daya listrik yang tinggi. Suatu mesin disel generator set terdiri dari: 1. Penggerak mula, dalam hal ini mesin disel. 2. Generator listrik. 3. Peralatan pengontrol, antara lain terdiri dari AMF ( Automatic Main Failure) dan ATS (Automatic Transfer Switch) dan sistem pengaman daya listrik. Ditinjau dari cara memperoleh energi termalnya mesin disel termasuk mesin dengan pembakaran dalam atau disebut dengan motor bakar. Untuk membangkitkan listrik, sebuah mesin disel dihubungkan dengan generator dalam satu poros yaitu poros dari mesin disel dikopel dengan poros generator listrik.

 Bagian-bagian utama Generator Set  Generator listrik adalah mesin yang dapat mengubah tenaga mekanis menjadi tenaga listrik melalui proses induksi elektromagnetik. Generator ini memperoleh energi mekanis dari penggerak mula yaitu mesin disel. Keuntungan pemakaian mesin disel sebagai penggerak mula adalah disain dan instalasi sederhana, auxilary equipment atau peralatan bantu sederhana dan waktu pembebanan relatif singkat. Sedangkan kerugian pemakaian mesin disel sebagai penggerak mula adalah mesin sangat berat dan besar, starting awal berat karena kompresinya tinggi dan bahan bakar relatif lebih mahal. Untuk menjaga kestabilan daya listrik dan keselamatan, generator set dilengkapi dengan peralatan pengontrol seperti: a. AMF (Automatic Main Failure) dan ATS (Automatic Transfer Switch). b. Aoutomatic Voltage Regulator (AVR), relai differensial. c. Relay daya balik. d. Circuit Breaker (CB) e. Sekering. AMF berfungsi untuk menghidupkan atau mematikan genset secara otomatis sedangkan ATS mengendalikan transfer Circuit Breaker (CB) dari catu daya utama (PLN) ke catu daya genset dan sebaliknya. Relay differensial bekerja atas dasar perbandingan tegangan atau perbandingan arus, yaitu besarnya arus sebelum lilitan stator dengan arus yang mengalir ke beban. Relay daya balik berfungsi untuk mendeteksi aliran daya aktif ,Circuit breaker berfungsi untuk membatasi arus listrik dan sekering berfungsi untuk memutus arus listrik apabila ada gangguan hubung singkat .

HUBUNGI KAMI

Ditulis Oleh : Electrical Panelindo ~pembuatan panel

sugiharto Anda sedang membaca artikel berjudul SERVICE PANEL KONTROL GENSET / PKG yang ditulis oleh pembuatan panel yang berisi tentang :pembuatan,werring dan service panel listrik Dan Maaf, Anda tidak diperbolehkan mengcopy paste artikel ini.

Blog, Updated at: 09.39




ELECTRICAL PANELINDO

ELECTRICAL PANELINDO adalah usaha jasa yg bergerak dalam bidang electrical mekanical khusus service dan pembuatan panel listrik...
Kepercayaan terhadap kinerja kami dan kepuasan anda adalah tujuan utama kami, karena kami percaya bahwa semua bisnis yang baik dimulai dengan suatu hubungan yang baik dan konsisten terhadap semua customer.
Untuk informasi lebih lanjut, anda dapat menghubungi kami :
Telp / WA : 081318261117
Email : electricalpanelindo@gmail.com
...Read More